Berita Seputar Pengawasan

Wujudkan Keberhasilan Pengelolaan Dana Desa

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara mengadakan Sarasehan Pengeolalaan Keuangan Desa Se-Provinsi Maluku Utara yang dihadiri oleh Kepala Inspektorat, BPKAD dan BPMD se Provinsi Maluku Utara, Selasa (7/11/2017). 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Indra Khaira Jaya yang dalam sambutannya menekankan empat hal penting dalam keberhasilan pengelolaan keuangan desa yaitu: komitmen stakeholder, koordinasi lintas desa, peran pendamping yang baik, serta peran inspektorat yang aktif dan inovatif. Sarasehan dimoderatori oleh  Aderia Adelis yang memberikan pendahuluan mengenai upaya peningkatan penyerapan tenaga kerja dengan dana desa dan pembentukan satgas pengawalan dana desa yang memiliki kewenangan melakukan audit secara random atas pengelolaan dana desa.

Pada kesempatan itu Kepala Desa Maitara Tengah memberikan testimoni  yang menjelaskan mengenai suka duka pengelolaan dana desa dari tahun 2013 sampai dengan 201, yaitu awalnya Rp2 juta sampai dengan Rp1,85 milyar di tahun 2017. Kepala Desa Maitara Tengah juga mengemukakan manfaat aplikasi Siskeudes yang sangat membantu dalam pengelolaan dana desa, walaupun masih dalam tahap penganggaran. Pihaknya juga masih membutuhkan pendampingan dari BPKP dalam bentuk pelatihan/bimtek Siskeudes.

Inspektur Provinsi Maluku Utara, Bambang Hermawan memyampaikan bahwa pengawasan dana desa dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan oleh APIP dan perlunya penguatan APIP untuk pengawasannya.

Dalam paparannya, Korwas APD BPKP Malut Mardiyanto Arif menyatakan bahwa pengimplementasian Siskeudes yang ada di Pemerintah Desa sebagian besar masih dalam tataran penyusunan APBDes/Pengganggaran. Banyak permasalahan implementasi Siskeudes, baik internal ataupun eksternal desa. Menurutnya, hal itu dapat diselesaikan jika ada komitmen dan sinergi bersama dari semua stakeholders yang terkait dalam pengelolaan dana desa.

(Humas BPKP Malut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *